Langsung ke konten utama

Cara Mengembalikan Durable Water Repellent (DWR) Jaket Outdoor

Durable Water Repellent (DWR)
Contoh jaket yang DWR-nya masih baik.

Jaket outdoor yang waterproof-breathable telah di treatment khusus guna menambah kemampuannya menolak airTreatment ini disebut dengan Durable Water Repellent (DWR). Fungsi DWR ialah sebagai tameng pertama dalam mencegah masuknya air ke dalam kain. 

Sebelumnya telah diulas tips memilih jaket gunung beserta macam-macamnyaNah, kali ini mari kita bahas tentang pengertian DWR beserta cara perawatannya. 


Apa itu Durable Water Repellent (DWR)?
DWR ialah sebuah treatment kimia berupa fluoropolymer yang diaplikasikan ke permukaan kain bagian luar pada saat produksi agar membuatnya tahan air. 


Apa fungsi DWR?
DWR berfungsi untuk mencegah kain bagian luar agar tidak tersaturasi oleh air. Saturasi ini akan membuat jaket tampak basah kuyup (wetting out). Jika dibiarkan terus menerus akan mengurangi breathabilitas jaket.


Bagaimana ciri-ciri DWR yang baik?
Jaket yang lapisan DWR-nya masih baik jika terkena air akan menjadi butiran-butiran kecil. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas.


Apa yang menyebabkan lapisan DWR jaket mengalami penurunan?
Umumnya karena pemakaian dan kemungkinan jaket terkena bahan atau cairan kimia yang membuat DWR-nya mengalami penurunan. Saat trekking, jaket seringkali terkena ranting dan bebatuan. Hal tersebut tanpa disadari akan mengikis lapisan DWR-nya. Cara mencuci yang salah juga bisa menyebabkan penurunan DWR. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan cara mencuci yang benar. Baca artikel berikut ini untuk panduan cara merawat dan mencuci jaket outdoor.

jaket yang mengalami penurun DWR
Contoh jaket yang mengalami penurun DWR, terlihat dari lapisan luarnya yang nampak basah kuyup.


Berapa lama biasanya lapisan DWR mulai mengalami penurunan?
Tiap merk memiliki garansi tersendiri mengenai kemampuan DWR produknya. Tak ada jaminan pasti. Yang jelas, sangat disarankan untuk segera men-treatment ulang DWR-nya jika mulai menurun. Hal ini untuk memastikan agar jaket tetap dalam performa terbaiknya. Sampai sekarang belum ada yang berani menjamin bahwa DWR-nya bisa bertahan selamanya atau benar-benar permanen. 


Kapan saatnya men-treatment ulang DWR?
Proses treatment ulang DWR ini disebut dengan reproofing. Seperti yang sudah diutarakan di atas, reproofing sebaiknya dilakukan sesegera mungkin jika tanda-tanda wetting out mulai nampak pada jaket.


Apakah jaket yang wetting out masih tetap waterproof?
Umumnya jaket masih tetap waterproof asalkan lapisan coatingnya masih aman. Tidak rontok atau mengelupas. 


Jika masih tetap waterproof, mengapa diperlukan treatment ulang DWR?
Meski masih waterproof, jaket yang wetting out berpotensi menghambat kemampuan breathabilitasnya. Uap keringat akan sulit keluar melalui pori-pori kain karena terhambat air yang menumpuk dari luar. Efek wetting out tersebut juga akan membuat jaket terasa lebih berat karena menyerap air.


Bagaimana Cara mengembalikan DWR pada jaket outdoor?
Sebelum mengaplikasikan cara berikut, ada baiknya supaya jaket dicuci bersih terlebih dahulu. Baca artikel berikut ini untuk panduan mengenai cara mencuci jaket outdoor. Ada dua cara yang bisa dilakukan:
  • Heating
Yaitu dengan cara dipanaskan. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni tumble-drying dan ironizing. Cara pertama yakni tumble-drying, yaitu proses pengeringan menggunakan mesin cuci. Gunakan settingan warm atau gentle cycle. Biarkan selama 20 menit sampai mengering. Cara kedua yakni ironizing atau menyetrika. Cukup pakai setting-an low-heat. Gunakan kain atau handuk tipis untuk melapisi jaket. Jangan disetrika secara langsung karena panas berlebih akan merusak lapisan coating dan seam-sealingnya.
  • Reproofing
Yaitu dengan produk yang telah diformulasikan khusus untuk mengaktifkan kembali DWR-nya. Cara ini digunakan ketika cara heating tidak membuahkan hasil. Biasanya untuk jaket yang telah berumur lama. Produk reproofing ada 2 macam. Yakni pencuci (wash-in) dan semprot (spray-in). Wash-in dipakai untuk mencuci jaket sedangkan spray-in cukup dengan menyemprotkannya secara merata ke permukaan jaket bagian luar. Spray-in akan lebih efektif jika jaket dalam kondisi bersih. Oleh sebab itu cucilah dahulu jaket anda. Lalu gantung dengan hanger, semprotkan secukupnya secara merata di seluruh permukaan jaket. Biarkan mengering di tempat yang teduh. Beberapa contoh produk reproofing antara lain: Grangers, Nikwax, Fibertec, Tectron, ReviveX, dan Scotchgard Water Shield.

Contoh produk reproofing berjenis wash-in
Contoh produk reproofing berjenis wash-in. Dari kiri ke kanan: Nikwax TX Direct Wash-In, Fibertec Blue Guard, ReviveX Wash-In Water Proofer, Granger's Performance Wash.

Contoh produk reproofing berjenis spray-in
Contoh produk reproofing berjenis spray-in. Dari kiri ke kanan: Nikwax TX Direct Spray-In,  Scotchgard Durable Water Repellent, ReviveX Durable Water Proofing, dan Granger's XT Proofer.