Langsung ke konten utama

Tips Memilih Pakaian dan Peralatan Mendaki Gunung

Tips Memilih Pakaian dan Peralatan Hiking

Hiking merupakan cabang dari olahraga outdoor yang bernama mountaineering. Selain hiking, cabang lainnya ialah trail running, skiing, ice climbing, mountain biking, panjat tebing, dan masih banyak lagi. Artikel di bawah ini hanya menekankan pada hiking saja.

Hiking di Indonesia sendiri secara teknisnya memang tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan di Eropa atau Amerika. Iklim Indonesia yang tropis dan tidak bersalju membuat pendakian lebih mudah karena tidak membutuhkan teknik dan peralatan khusus.

Selain persiapan fisik dan mental yang mumpuni, pakaian dan peralatan juga memegang peranan penting. 

Ada tiga prinsip utama yang harus diperhatikan dalam memilih perlengkapan mendaki gunung. Yakni keselamatan, fungsionalitas, dan kenyamanan.

Belum cukup hanya dengan memilih pakaian dan peralatan yang tepat saja. Selanjutnya diperlukan perawatan khusus agar tetap dalam kondisi prima. Perawatan yang benar akan membuatnya awet dan tentu akan menghemat pengeluaran. Kita pun dapat menikmati pendakian dengan tenang dan penuh percaya diri karena yakin bahwa perlengkapan kita telah teruji performanya. Jika kita ragu maka timbul perasaan was-was sehingga pendakian tidak akan terasa nyaman.

Klik artikel berikut ini untuk lebih jelasnya:

Artikel di atas senantiasa saya update jika ada tambahan yang dirasa perlu. Semoga berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Silakan kasih komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.