Langsung ke konten utama

Apa itu Vibram? Produsen Sol Sepatu No.1 di Dunia

Apa itu Vibram?

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Vibram. Terutama yang gemar berolahraga. Logo atau cap Vibram sering kita jumpai pada sepatu outdoor. Apa sih Vibram itu? Apa keunggulannya? Mengapa bisa begitu populer ? Simak penjelasan di bawah ini.


Apa itu Vibram?
Vibram S.p.A. ialah sebuah perusahaan yang memproduksi dan memegang lisensi pembuatan sol sepatu berlabel Vibram. Vibram dianggap sebagai penemu sol sepatu karet. Sol Vibram terbuat dari karet vulkanisir sehingga sangat kuat ketahanan dan daya cengkeramnya. Awalnya Vibram dibuat khusus untuk olahraga outdoor, khususnya mountaineering. Kini Vibram telah berkembang pesat dan tidak hanya memproduksi sol sepatu olahraga saja, tetapi juga casual untuk kegiatan sehari-hari. Tiap pola pada sol Vibram dibuat dengan tekstur sedemikian rupa sehingga cocok digunakan untuk aktivitas dan medan yang dilalui. Jadi intinya Vibram adalah sebuah merk pembuat sol sepatu, bukan nama material ataupun bahannya.


Sejarah berdirinya Vibram
Pada tahun 1935, seorang pendaki asal Italia bernama Vitali Bramani memimpin rekan-rekannya mendaki Pegunungan Alpen. Mereka menggunakan sepatu dengan tambahan paku di bagian solnya. Ketika hendak sampai ke puncak, Bramani dan rekan-rekannya mengganti sepatu mereka dengan yang lebih ringan. Kemudian kabut dan badai salju menerjang. Sepatu mereka mempersulit pendakian karena licin dan tidak memberikan insulasi yang baik. Dalam peristiwa itu, enam pendaki di antaranya tewas. 

Setelah kejadian tersebut, Bramani berpikir keras untuk menciptakan sol sepatu yang cocok digunakan di medan yang keras maupun basah / licin. Akhirnya dia mendapat ide untuk menggunakan karet karena mengandung senyawa kimia yang sangat padat dan mudah dicetak. Karet tersebut dibuat dari proses vulkanisir. Desain ini dia patenkan pada tahun 1937 dan diberi nama Vibram, akronim dari namanya sendiri, Vitali Bramani. Ia memproduksi sepatu bersol karet pertama yang diberi nama Carrarmato (diambil dari bahasa Italia yang artinya jejak tank). Pembuatan sepatu ini mendapat bantuan finansial dari Leopoldo Pirelli, presiden perusahaan Pirelli ketika itu. Pirelli ialah sebuah perusahaan terkemuka di Italia yang memproduksi ban untuk otomotif. 

Pada tahun 1945 dibangunlah pabrik Vibram pertama di kota Albizzate. Keberhasilan pendakian K2, salah satu puncak di Pegunungan Everest, pada tahun 1954 juga karena andil Vibram. Tim pendaki yang seluruhnya orang Italia itu mengenakan sepatu dengan sol buatan Vibram. Vibram terus melebarkan sayapnya dengan mendirikan kantor cabang di Amerika Serikat pada tahun 1965 dan di Cina pada 1998. Vibram kembali melakukan inovasi di dunia olahraga dengan mengeluarkan sepatu lari yang diberi nama Vibram Fivefingers pada tahun 2004. Sepatu ini didesain khusus menyerupai bentuk kaki sehingga terasa lebih natural. Hingga kini Vibram telah membuka kantor cabang di empat negara. Yakni pusatnya di Italia, Amerika Serikat, Cina, dan Brasil.

vibram fivefingers
Dari kiri ke kanan: Sepatu kulit dengan tambahan paku di telapaknya yang biasa dipakai oleh pendaki gunung di masa lalu, sepatu bersol karet pertama produksi Vibram yang diberi nama Carrarmato, dan sepatu Vibram Fivefingers.


Fungsi dan kegunaan Vibram
Sol Vibram dipakai oleh banyak produsen sepatu olahraga, khususnya olahraga outdoor, karena daya tahan dan cengkeramannya yang kuat. Sol vibram tahan terhadap pengikisan atau abrasi karena menggunakan karet yang telah di vulkanisir. Sol Vibram telah teruji ketangguhannya di berbagai medan dan di banyak gunung di dunia. Selain untuk olahraga, Vibram juga memproduksi sol sepatu casual untuk sehari-hari, sepatu kerja, sepatu safety, sepatu khusus militer, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Keunggulan Vibram:
  • Memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding sol karet biasa 
  • Tahan terhadap abrasi
  • Memberikan daya cengkeram yang sangat baik di berbagai tekstur permukaan dan kondisi tanah


Jenis-jenis sol Vibram
  • Untuk olahraga outdoor: Climbing Performance, Durability Performance, Grip Performance, dan Eco Performance.
  • Untuk militer, safety dan industri: Flame Resistance Performance, Safety Performance, dan Durability Performance.
  • Untuk fashion dan casual: Lightness Performance, Grip Performance, dan Eco Performance.

contoh sepatu hiking vibram
Contoh sepatu hiking dengan sol Vibram. Dari kiri ke kanan: Meindl Stowe, The North Face Trail Meister III, dan Lowa Renegade.